4digitalovers

Pecinta Gadget dan Apple Fanboy

ads

Thursday 30 April 2015

Pilih smartphone android atau iphone untuk yang hobi bermain game

Sekarang adalah jamannya smartphone, smartphone bisa dibilang tidak bisa lepas dari kehidupan seseorang yang doyan teknologi, kegunaan smartphone juga bermacam - macam, telpon, sms, media sosial, gaming, dan lain - lain. Untuk saat ini saya akan mengupas kegunaan smartphone untuk bermain game, dimana game - game smartphone sekarang sudah menyaingi game - game pc atau konsol dalam segi grafis, dan memiliki kontrol yang lebih variatif sehingga membuat seseorang terkadang cenderung membeli smartphone untuk keperluan bermain game. Oleh karena itu saya berikan perbandingan antara smartphone dengan OS android dan IOS, sehingga lebih memudahkan kalian dalam memilih gadget yang tepat untuk gaming atau bermain game.

1. Operating System.


Apa perbedaan utama antara sistem android dan ios pada iphone? perbedaan paling mencolok adalah masalah stabilitas sistem operasi. IOS cenderung lebih stabil jika dibanding pesaingnya. Saya sudah membuktikan sendiri, pertama kali saya menjadi pengguna android saya memiliki sebuah tab android dengan spesifikasi Dual core 1Ghz dan ram 1GB, umur kurang lebih hampir 1 tahun, saya gunakan untuk bermain game milik Line : Cookie run, terdapat lag yang sangat parah, gerakan karakter patah - patah, heran juga, game 2D yang bisa dibilang grafis lumayan enteng, bisa sangat patah - patah. Sehingga akhirnya saya membeli tablet android dengan merk lain, dengan spesifikasi dual core 1,2 Ghz, dan ram sama 1GB, bermain cookie run bisa berjalan dengan lancar, namun terkadang masih ada sedikit lag. Lain halnya dengan iphone yang saya miliki, iphone yang saya gunakan iphone 4, dengan chip A4 1Ghz cortex A8 dan ram 512mb, bermain cookie run terasa lebih stabil, dan jika timbul lag pun tidak patah - patah melainkan permainan berjalan melambat. Disini bisa disimpulkan ios unggul dalam hal stabilitas karena apple membuat ios khusus untuk perangkat apple nya sehingga ios benar - benar dibuat dengan pengawasan khusus, lain halnya dengan android yang digunakan oleh banyak smartphone, sehingga bisa saya bilang tingkat kestabilan bergantung pada kecocokan OS android dengan perangkat nya. Karena android juga tidak melakukan pengetesan pada semua jenis dan merk hp, sehingga akan sulit mendeteksi jika ada OS yg berjalan tidak stabil dengan salah satu smartphone.

2. Playstore vs Appstore


Untuk urusan store, developer game biasanya lebih fokus untuk membuat game ios setelah itu baru mereka mengeluarkan versi android. Ambil contoh clash of clans yang keluar lebih dulu di perangkat ios, dan saat itu saya mencoba mencari di playstore android belum ada game ini. Selang beberapa bulan setelah itu baru clash of clans dirilis di android dan akhirnya booming sampai saat ini. Selain itu bisa dilihat dari game favorit saya di iphone (infinity blade series) yang hingga artikel ini dibuat belum dirilis versi androidnya, saya melihat pengembang game ini masih sibuk memberikan update dan menyempurnakan infinity blade pada ios, ditambah game - game capcom seperti monster hunter dan resident evil series yang sudah ada di appstore. Jadi untuk masalah store, bagi yang ingin memainkan game tanpa harus bersabar, bisa memilih iphone, bagi yang penyabar bisa memilih smartphone android.

3. Harga

Ini dia yang menjadikan android unggul, masalah harga. Saya sebelumnya menggunakan Galaxy tab II dan III untuk memainkan game - game HD seperti need for speed most wanted, blood and glory II, dan sebagainya. Setelah itu saya ganti dengan asus fonepad 5, dan bisa dibilang performa cukup memadai untuk bermain game sekelas itu, dengan harga kisaran 2 sampai 3 juta. Bagaimana dengan iphone? untuk iphone 4 bisa dibilang jadul dan kurang memuaskan untuk bermain game HD, sehingga untuk memainkan game HD disarankan menggunakan iphone seri 4s keatas, masalah harga 4s sekitar 3-4 juta, atau iphone 5 yang berada dikisaran 5-6 juta, atau ipad mini.

4. Spesifikasi hardware

Untuk spesifikasi diatas kertas, memang android selalu unggul. Dengan prosesor besar, ram besar, bisa menggunakan sd card. Namun iphone yang jika diatas kertas hanya memiliki ram kecil dan kapasitas berkisar kelipatan 8GB, masih bisa unggul dalam hal performa. Ini kembali ke nomor 1, karena hardware dengan OS yang cocok dan selalu dalam pengawasan tim apple, membuat performa saat bermain game lebih terjaga. Berikut sedikit bukti screenshot yang saya ambil, agar digilovers mengetahui seberapa baik grafis yang ditawarkan iphone untuk bermain game HD (untuk saat ini saya menggunakan iphone 5). Untuk android menyusul ya.


5. Fitur

Sumber : Artoseven.blogspot.com

Untuk fitur, androidlah yang unggul, karena akan membosankan jika memainkan game playstore yang itu - itu saja. Kalau kalian menggunakan android kalian bisa memainkan emulator PS1, PS2, PSP dan nintendo DS. Jadi dengan memiliki smartphone android yang spesifikasinya cukup tinggi, kalian sudah merasakan beberapa konsol game di tangan kalian. Berbeda dengan iphone, emulator untuk iphone sebenarnya ada, namun tidak terlalu beragam, itupun harus melakukan jailbreak, karena saya tidak menyukai root atau jailbreak, maka untuk emulator saya tetap memainkannya menggunakan tablet - tablet android yang saya miliki. 

Kesimpulan 

Kesimpulan yang bisa diambil adalah, iphone/ipad dengan harga yang cukup tinggi dibanding perangkat android memang menyajikan pengalaman bermain game yang menyenangkan, dengan grafis dan performa yang lebih unggul dari android, namun android juga memiliki kelebihan dalam hal fitur yang tidak dimiliki oleh perangkat IOS. Kalau saya pribadi, lebih menyukai perangkat IOS, karena performa yang stabil dan game - game eksklusif yang terdapat pada appstore, untuk masalah fitur seperti emulator, saya lebih suka bermain menggunakan PC (dengan joystick). Tapi pilihan tetap ada di tangan kalian para gamers. Jadi yang suka game HD game dengan grafis baik dan performa tinggi, bisa memilih IOS, namun bila menyukai game - game yang sifatnya lebih santai seperti clash of clans, let's get rich, brave frontier, dan sebagainya, cukup menggunakan android dengan kelas mid end. Happy gaming~

2 comments:

  1. Kalau saya prefer menggunakan smartphone OS Android karena dari segi User interface dan navigasi di Android lebih mudah, dan iPhone saya belum pernah pakai karena dari segi harga hp-hp iPhone relatif mahal. Dan pastikan pula teliti sebelum membeli terutama spesifikasinya.

    ReplyDelete

Adbox